9 Destinasi Wisata Banyuwangi Yang Populer

Kotagandrung.com – Popularitas destinasi wisata Banyuwangi meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Kawasan di ujung timur pulau Jawa ini dulunya hanya dikenal karena ada Pelabuhan Ketapang – Gilimanuk yang merupakan penghubung antara Pulau Jawa dan Bali. Namun saat ini, keindahan alam tempat-tempat wisata di Banyuwangi juga semakin ditingkatkan, yang membuat kawasan ini mulai dipertimbangkan sebagai salah satu tujuan wisata yang ideal untuk berlibur.

Sebenarnya, apa wisata apa saja yang ada di Banyuwangi? Jika Anda juga penasaran dengan kabupaten di ujung paling timur pulau Jawa ini, berikut ini adalah 9 tempat wisata pilihan di Banyuwangi yang sangat populer dan akan membuat Anda ingin mengunjunginya.

Bacaan Lainnya
  1. Kawah Ijen

Gunung Ijen bisa dibilang tujuan wisata Banyuwangi yang paling populer di kalangan wisatawan Indonesia. Terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso di Jawa Timur. Kawah Ijen terkenal tidak hanya dengan bluefire-nya yang menawarkan panorama menakjubkan tetapi juga sebagai ikon penambangan belerang.

Kawah Ijen juga memiliki fenomena Blue Fire yang unik. Nyala api biru ini merupakan hasil pembakaran gas belerang yang muncul dari celah-celah gunung berapi Ijen, yang suhunya bisa mencapai 600 derajat Celcius. Api Biru Ijen adalah api terbesar di dunia, dan satu-satunya tempat di dunia yang mengalami fenomena ini adalah Gunung Dallol di Ethiopia.

Baca Juga : 15 Wisata Banyuwangi Yang Wajib Anda Kunjungi

  1. Taman Nasional Baluran

Destinasi wisata Banyuwangi lainnya yang tak kalah terkenal adalah Baluran. Apalagi setelah video musik Raisa yang berjudul “Jatuh Hati” beredar luar. Karena video tersebut dibuat di Taman Nasional Baluran.

Suasana ala padang rumput di Afrika ini menjadi daya tarik Taman Nasional Baluran. Meskipun Taman Nasional Baluran secara teknis masuk dalam wilayah Kabupaten Situbondo, namun Baluran terkenal sebagai salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi jika Anda berlibur ke Banyuwangi. Karena letaknya lebih dekat dari pusat kota Banyuwangi.

Taman Nasional Baluran dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam dari Banyuwangi. Selain menikmati savana ala Afrika di Baluran, Anda juga bisa melihat satwa liar termasuk rusa, merak, dan banteng yang berkeliaran di padang rumput. Dan jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Bama yang tidak jauh dari sana.

  1. Pulau Merah

Tempat wisata Banyuwangi tidak bisa disebutkan tanpa menyebut pantai. Pantai yang selalu menjadi ikon Banyuwangi yaitu pantai Pulau Merah. Pantai ini terkenal karena keunikannya yaitu tidak jauh dari pantai terdapat sebuah bukit kecil yang berada di pinggir pantai. Dan bukit tersebut bisa dilalui dengan berjalan kaki ketika laut sedang surut. Sehingga wisatawan bisa menjelajahinya.

Namun selain Pulau Merah yang unik ini, pantai Pulau Merah juga terkenal dengan pasirnya yang halus dan garis pantainya yang luas sehingga sangat cocok untuk bersenang-senang. Pantai ini juga populer di kalangan peselancar atau surfer, karena ombak di sini menggulung dengan indah, sehingga ideal untuk berselancar.

  1. Teluk Hijau

Terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Seperti namanya, Teluk Hijau atau Green Bay adalah teluk dengan air biru toska yang indah, dengan pasir putih halus. Kedua sisi teluk adalah ruang hijau yang menambah keindahan seluruh tempat, membuatnya benar-benar indah.

Karena destinasi wisata Banyuwangi yang satu ini terletak di Taman Nasional, Anda akan bertemu dengan monyet di sekitar pantai, jadi pastikan semua barang bawaan Anda aman dan jangan beri mereka makan.

  1. Pantai Sukamade

Juga berada di kawasan yang sama dengan Teluk Hijau dan keduanya berada di dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Pantai Sukamade terkenal sebagai tempat penangkaran penyu dimana penyu dewasa hampir setiap malam mampir ke pantai untuk bertelur.

Dan ketika di pagi hari, bayi penyu sering keluar dari telur yang terkubur dan berusaha mencari jalan keluar ke laut. Menonton kedua prosedur ini dijamin akan memberi Anda pengalaman ajaib yang tak terlupakan.

Tidak jauh dari Pantai Sukamade, terdapat homestay tempat Anda bisa menginap. Lokasinya sendiri sangat jauh dari kota Banyuwangi (sekitar 97 km) dan jalan menuju kawasan Sukamade cukup sulit, jadi sebaiknya anda menginap di sekitar pantai Sukamade.

  1. Pantai Plengkung
destinasi wisata banyuwangi
Pantai Plengkung, Banyuwangi

Pantai Plengkung adalah salah satu destinasi wisata di Banyuwangi yang populer di kalangan peselancar dunia. Karena ini adalah salah satu pantai terindah di dunia untuk peselancar profesional, karena tinggi ombaknya yang merupakan salah satu ombak terbaik di dunia.

Bahkan, ombak di Pantai Plengkung dikatakan sebagai ombak kedua setelah Hawaii sebagai ombak terbaik untuk berselancar. Hal ini karena Pantai Plengkung memiliki ombak yang sangat besar sehingga memungkinkan para peselancar untuk melakukan tube – salah satu istilah selancar ketika peselancar berselancar di dalam kubah ombak.

Tak heran, kompetisi selancar internasional sering diadakan di Pantai Plengkung yang juga biasa disebut sebagai “G-Land” oleh para peselancar internasional.

  1. Pulau Tabuhan

Terletak di sebelah utara Selat Bali, Pulau Tabuhan merupakan pulau kecil yang terpisah dari Pulau Jawa namun masih menjadi bagian dari Kabupaten Banyuwangi. Tidak hanya keindahan pulaunya yang membuat tempat ini sangat populer, tetapi juga karena kecepatan angin di daerah sekitar pulau yang selalu stabil pada 20-25 knot, membuat tempat wisata di Banyuwangi ini dijuluki sebagai tempat terbaik untuk kitesurfing.

  1. Dari Djawatan

De Djawatan awalnya merupakan hutan lindung milik Dinas Kehutanan. Di kawasan ini terdapat 50 pohon raksasa berukuran besar dan unik. Dulunya kawasan ini terlihat seram karena tidak terawat, namun sejak ditata ulang oleh pemerintah Banyuwangi, De Djawatan menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Banyuwangi.

Beberapa pohon dirapikan untuk menghilangkan nuansa horor De Djawatan. Selain itu, fasilitas wisata juga telah didirikan di dekatnya. Mulai dari tanda warna-warni hingga tempat ibadah. Namun, jangan berharap untuk menemukan aktivitas wisata yang berlebihan di sini, karena De Djawatan sangat menyukai wisata alami dan indah.

  1. Taman Nasional Alas Purwo

Destinasi wisata Banyuwangi ini terletak di wilayah selatan Banyuwangi. Seperti di Baluran, Anda juga bisa menemukan kawasan savana di Sadengan, Taman Nasional Alas Purwo.

Jika dilihat pada peta, Taman Nasional Alas Purwo memiliki bentuk wilayah yang unik, karena terletak di semenanjung Blambangan yang terletak di ujung tenggara pulau Jawa. Tak hanya savana, kawasan Taman Nasional Alas Purwo juga memiliki hutan bakau, hutan gugur tropis dan beberapa pantai indah seperti Pantai Plengkung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.