15 Wisata Banyuwangi Yang Wajib Anda Kunjungi

destinasi wisata banyuwangi

Kotagandrung.com – Banyuwangi terletak di ujung timur pulau Jawa. Kabupaten yang juga mempunyai julukan kota Gandrung ini cukup cocok Anda jadikan sebagai destinasi wisata untuk liburan keluarga. Karena wisata Banyuwangi mempunyai objek wisata yang lengkap mulai dari gunung, air terjun, hingga pantai-pantai yang eksotis.

Jika Anda berencana ingin berlibur ke Banyuwangi, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata Banyuwangi yang wajib Anda kunjungi.

Bacaan Lainnya
  1. Pantai Plengkung
pantai plengkung wisata banyuwangi
Berselancar di Pantai Plengkung Banyuwangi (Foto: @jacks_surfcamp)

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Apalagi ketika hari libur. Oleh karena itu, pantai di Banyuwangi ini kemungkinan cocok sebagai tempat liburan Anda bersama keluarga.

Pantai Plengkung atau kadang disebut “G-Land” menjadi salah satu spot surfing favorit para surfer lokal maupun internasional. Karena memiliki ombak setinggi enam meter yang merupakan salah satu ombak terbaik kedua di dunia setelah Hawaii. Ingin mencoba ombak tinggi Pantai Plengkung?

  1. Pantai Wedi Ireng

Banyak orang mengatakan bahwa mengunjungi pantai Wedi Ireng sama halnya seperti mempunyai pantai pribadi. Karena di pantai ini Anda tidak akan melihat tenda-tenda warung maupun pedagang keliling seperti pantai kebanyakan.

Untuk mencapai tempat ini pun membutuhkan sedikit perjuangan karena harus melalui jalan setapak dan menyeberangi sungai. Namun perjuangan tersebut akan terbayar lunas dengan pemandangan pantai yang sangat indah.

  1. Pantai Watu Dodol

Yang membuat pantai Watu Dodol menarik adalah adanya batu karang di tengah jalan yang sangat besar, berdiameter sekitar 15 meter dan tingginya sekitar 10 meter. Konon katanya batu karang tersebut memang tidak bisa dipindahkan.

  1. Pantai Sukamade

Memerlukan lebih banyak tenaga untuk mencapai pantai ini. Karena medan yang cukup sulit untuk dilalui, yaitu jalan bebatuan besar yang tidak semua kendaraan mampu melewatinya. Maka tak heran jika pantai Sukomade masih terlihat alami.

Pantai yang terletak di kawasan Taman Nasional Meru Betiri ini merupakan tempat bertelor bagi penyu. Jika Anda beruntung, Anda bisa melihat penyu sedang bertelur di malam hari. Ada 4 dari 6 jenis penyu yang ada di dunia bisa Anda temukan di pantai ini. Yaitu Slengkrah, Penyu Sisik, Penyu Belimbing, dan yang paling langka Penyu Hijau.

  1. Pulau Merah

Pulau Merah merupakan salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang paling banyak digandrungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Terletak di kawasan Desa Sumbergadung, panorama pantai berpasir putih ini memiliki hamparan pasir yang luas. Dan keunikannya adalah ada sebuah bukit kecil yang berada di pinggir pantai.

Ombak di pantai ini merupakan arena selancar yang ideal bagi mereka yang suka berselancar. Karena memiliki karakter ombak yang panjang. Tak heran jika Pantai Pulau Merah sering menjadi lokasi kompetisi selancar internasional.

  1. Pulau Tabuhan

Selain Pulau Merah, ternyata ada pulau lain di Banyuwangi yang menarik untuk dikunjungi, yaitu Pulau Tabuhan. Dengan luas sekitar 5 hektar, pulau ini sangat kaya dengan biota laut dan karang yang indah dan beragam. Belum lagi pasir putih bersih yang menutupi daratan pulau aneh ini.

Maka tak heran jika banyak wisatawan yang tertarik untuk snorkeling dan diving ketika mengunjungi pulau ini. Karena mempunyai keindahan bawah laut yang indah.

  1. Savana Baluran

Tidak hanya pantai yang menarik untuk dikunjungi di Banyuwangi, tetapi juga padang rumput atau savana yang menawarkan pengalaman wisata unik untuk Anda dan keluarga. Meski masih berada di pulau Jawa, Anda akan merasa seperti sedang berada di padang rumput Afrika saat berkunjung ke tempat ini.

Tidak hanya rerumputan yang luas menyambut Anda, ratusan rusa, puluhan kerbau, lutung, elang, dan merak yang berkeliaran bebas di rerumputan juga akan Anda temukan. Oleh karena itu, Savana Baluran sering dijadikan sebagai alternatif pilihan wisata bagi mereka yang bosan dengan pemandangan pantai atau gunung yang sering mereka jumpai.

  1. Savana Sadengan

Jelas bukan hanya Baluran saja yang menyuguhkan pengalaman seperti berwisata di tengah padang rumput Afrika. Masih ada Savana Sadengan yang siap menyambut Anda selama liburan di Banyuwangi. Mencakup area seluas 80 hektar, Savana Sadengan adalah rumah bagi Banteng, Ajag, Rusa, Babi Hutan, dan bahkan Macan Tutul.

Semua hewan yang hidup di kawasan Savana Sadengan merupakan gabungan dari hewan liar yang biasa mencari makan di hutan dan hewan yang lebih suka merumput. Untuk menjaga keindahannya, pengelola Savana Sadengan menerapkan beberapa aturan yang harus dipatuhi wisatawan.

  1. Air Terjun Lider

Ada beberapa air terjun yang indah untuk dikunjungi di Banyuwangi, salah satu yang paling terkenal adalah Air Terjun Lider. Kawasan air terjun yang dilihat dari ketinggian 60 meter ini masih sangat asri dan alami. Suasana sejuk dan teduh ditambah dengan sesekali pelangi yang muncul dari pancaran air terjun diterpa sinar matahari menampilkan panorama yang tidak terlihat setiap hari.

  1. Air Terjun Kalibendo

Air Terjun Kalibendo terletak di kawasan wisata pertanian Kalibendo di kaki Gunung Ijen. Tidak heran suasana di sini sangat bagus. Di sekitar air terjun Anda dapat menemukan berbagai perkebunan kopi, cengkeh dan karet. Tentunya Anda tidak akan kecewa jika berkunjung ke tempat ini, karena air terjun dari ketinggian 10 meter ini menawarkan pemandangan yang indah yang tidak kalah dengan air terjun lainnya di Banyuwangi.

  1. Desa Adat Kemiren

Tidak hanya wisata alam yang bisa Anda nikmati di Banyuwangi, wisata budaya juga dapat menambah pengetahuan Anda dan keluarga tentang kekayaan budaya Indonesia. Salah satu tempat wisata budaya yang bisa Anda kunjungi adalah desa adat Kemiren. Desa ini merupakan rumah bagi suku Osing yang merupakan suku asli dari Banyuwangi. Penduduk desa ini masih menyimpan banyak tradisi dan adat istiadat mereka, termasuk bahasa, seni dan masakan tradisional.

  1. Teluk Biru

Keindahan Teluk Hijau akan memanjakan mata pengunjung. Bagaimana tidak, terdapat paduan antara pasir putih dan laut biru jernih yang dikelilingi hutan hijau yang masih sangat terjaga dan asri. Hal menarik yang bisa Anda temukan di pantai ini adalah masih banyak satwa liar yang terkadang tampak berkeliaran di sekitar teluk.

Karena aksesnya yang cukup sulit karena harus menggunakan perahu nelayan untuk sampai ke Teluk Biru. Namun hal itulah yang membuat tempat ini masih tampak asri dan alami.

  1. Bedul

Bedul adalah tempat di mana Anda bisa menikmati wisata mangrove. Terletak di desa Sumbersari, resort ini mengambil namanya dari banyaknya spesies ikan bedul yang hidup di perairan tersebut. Ikan Bedul sebenarnya adalah jenis ikan gabus dengan sirip khusus di punggungnya. Untuk menjelajahi kawasan wisata ini, Anda bisa menyewa perahu nelayan yang selalu siap mengantar Anda.

  1. Rowo Bayu

Seperti namanya, Rowo Bayu merupakan rawa dengan jenis tumbuhan yang dilindungi dan hutan yang masih sangat asri. Lingkungan yang masih sangat terjaga kelestariannya. Luas danau hanya 50 meter, namun hutan di sekitarnya dan tanaman lindung tumbuh sangat lebat. Hal ini mencegah sinar matahari mencapai kawasan Rowo Bayu, sehingga tercipta suasana yang teduh.

  1. Kawah Ijen

Ternyata, bukan hanya pantainya saja yang bisa dijadikan destinasi wisata keluarga saat liburan. Kawah Ijen juga bisa menjadi alternatif wisata yang bisa Anda kunjungi jika bosan dengan suasana pantai.

Salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang sangat populer di kalangan wisatawan adalah panorama pegunungan yang indah. Selain itu, karena adanya fenomedan langka dan hanya ada dua di dunia yaitu Blue Fire. Namun, untuk bisa menyaksikan keindahan fenomena api biru ini secara langsung, Anda harus tiba di dasar kawah ketika hari masih gelap.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.